Apa fungsi uang



Fungsi uang yang teman-teman ketahui mungkin Cuma sebagai alat tukar, padahal fungsi uang sebenarnya ada banyak. Ada fungsi asli dan fungsi turunan. Fungsi asli uang adalah :

1.Sebagai alat pertukaran atau medium exchange, dengan uang kita semua ga perlu repot untuk mendapatkan/membeli sesuatu. Cara ini so pasti lebih mempermudah pertukaran barang daripada pakai cara barter.

2.Penakar/satuan harga atau unit of account, dengan uang nilai suatu produk baik barang atau jasa lebih bisa diukur ,juga dipakai untuk menentukan harga barang/jasa (alat penunjuk harga). Sebagai alat satuan hitung, uang berperan untuk memperlancar pertukaran.

3.Penyimpan nilai/kekayaan atau store of value, uang bisa digunakan untuk mengalihkan daya beli dari masa sekarang ke masa depan. Misalnya seorang pengusaha yang menjual produknya saat ini, maka uang hasil penjualannya bisa disimpan untuk digunakan memproduksi produknya besok atau masa yang akan datang.

Itu adalah 3 fungsi asli uang, lalu ada 4 fungsi turunan, yaitu :
1.Sebagai alat pembayaran, kita bisa bayar barang/jasa yang kita inginkan pakai uang.

2.Sebagai alat pembayaran utang, kita bisa mengambil barang/jasa yang kita inginkan dengan melakukan perjanjian utang-piutang dan membayar utang kita dengan uang.

3.Sebagai alat penimbun kekayaan atau pemindah kekayaan (modal), kita bisa nyimpan uang sebagai simbol kekayaan kita dan bisa juga merupakan uang yang kita punya
dalam bentuk barang modal seperti tanah, komoditi, investasi dan yang lainnya.

4.Sebagai peningkat status sosial, tentu saja semakin banyak uang yang kita punya kita bisa dikatakan sebagai orang kaya dengan kata lain status kita meningkat di mata masyarakat karena kekayaan kita.

0 komentar:

Posting Komentar