Aneh Tapi Nyata : Uang kertas dengan nominal $ 100.000.000.000


 (gambar diambil dari jeffnolan.com)

Tahun 2008 dunia internasional dikejutkan oleh suatu peristiwa yang aneh tapi nyata. Zimbabwe, suatu Negara di benua Afrika mengeluarkan mata uang dengan nominal Z$ 100 milyar. Kok bias pemerintahan Negara Zimbabwe mengeluarkan mata uang yang sedemikian dahsyat nilainya? Ini semua tak lain dan tak bukan karena mata uang Zimbabwe sudah kehilangan daya belinya akibat terlalu banyak uang yang berputar di masyarakat. Yang lebih ajaib lagi uang kertas dengan nominal 100 milyar itu hanya bias dibelikan setangkup roti atau jeruk empat biji, Wow!
Ingat lho ya ini bukan di dunia permainan  monopoli atau game computer ini adalah peristiwa yang BENAR-BENAR terjadi di sebuah Negara berdaulat. Aah itu kan di Zimbabwe, Negara Afrika tentu beda dengan Negara maju atau Negara kita. Eeeits jangan salah dulu, di Negara Jerman tahun 1923 orang lebih suka membakar uang untuk menghangatkan ruangan di musim dingin daripada membeli kayu bakar karena harganya sama. Lalu seorang yang ingin membeli roti harus membawa gerobak dan berlari menuju toko roti. Bukan untuk membawa rotinya tetapi untuk membawa uang yang dipakai untuk membeli beberapa potong roti. Kalau telat sedikit saja maka uang di gerobaknya tak akan cukup untuk membeli roti. Saking cepatnya inflasi.
Di Indonesia tahun 1998 juga pernah mengalami Inflasi yang sangat tinggi sehingga uang yang dipegang oleh orang tua kita seakan-akan tidak ada nilainya atau nilainya sangat kecil sekali. Kita tentunya harus bisa mengambil pelajaran dari kejadian-kejadian yang pernah dan sedang terjadi di seputar penggunaan uang kertas ini. Tidak ada satu negara pun yang bisa mencegah inflasi hanya kecepatan inflasi masing-masing Negara berbeda antara satu dengan yang lainnya.
Saat inflasi menggila maka memegang uang kertas bukan lagi sebuah kenikmatan tetapi lebih seperti memegang bara api di mana kita harus memindahkannya secepat mungkin sebelum kita terbakar (bangkrut) karena nilai uang kita akan cepat sekali hangus. Kamu mau mengalami hal seperti itu???

0 komentar:

Posting Komentar